Powered by Blogger.

Saturday 14 February 2015

Embedding ICT Across The Curriculum

EMBEDDING ICT ACROSS THE CURRICULUM

Sudah kita bicarakan sekilas di artikel sebelumnya kalau belum cukup jelas mari kita lebih mendalam dan mendetil di kesempatan kali ini. Kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia secara bebas embed adalah menyertakan. Jadi secara utuh judul di atas adalah menyertakan ICT/TIK ke dalam pembelajaran atau ke dalam kurikulum.

Kalau dipakai dalam kehidupan sehari-hari metode ini sangat memungkinkan anak didik untuk berkembang karena dapat teori dapat mempraktekannya. Sesuatu yang mereka pelajari di kelas dapat divisualisasikan secara jelas dan dapat mereka buktikan sendiri dengan melakukannya lewat eksperimen dan berupa laporan setelah dipraktekkan dengan pembelajaran ICT/TIK.
Ada beberapa contoh bisa kita simak dengan menyertakan pembelajaran di kelas dengan pembelajaran computer atau TIK. Mari kita simak contoh yang pertama.

Suatu hari dating seorang guru berdiskusi dengan guru computer di sekolah kalau ada proyek akhir akan dilaksanakan murid Kelas IV SD mengenai penghematan energy. Setelah berdiskusi dengan beberapa hal semisal penilaian, apa yang akan dilakukan pokoknya teknisnyalah.

Sampailah ke kesepakatan terakhir bahwa murid akan membuat video sederhana:
1- Murid mewawancarai orang tua atau orang dewasa dengan cara penghematan energy yang biasa dilakukan mereka di rumah dan merekam mereka dengan alat seadanya kamera handphone atau mobile phone atau kamera biasa untuk mendapatkan video.
Selain pengambilan video dari rumah murid juga diwajibkan melakukan hal yang sama di sekolah dengan minta bantuan teman-temannya untuk merekam cara mereka menerangkan cara penghematan energy dengan memperagakannya sendiri.
2- Setelah video dari rumah atau di lingkungan sekolah didapatkan lalu murid tersebut meminta bantuan guru computer dan mengajarkan mereka bagaimana memindahkannya ke dalam computer namanya “Video Capture”.
3- Barulah mereka bekerjasama dengan guru computer mengerjakan video tersebut dengan berbagai teknik pengeditan seperti menambah tulisan, credit tulisan berjalan di akhir setiap movie atau film, segala efek, dll.

Dapat disimpulkan bahwa banyak manfaat yang anda dan murid anda selama proses ini.
Akhirnya selesailah video tentang penghematan energy ini.
Mudah-mudahan semua yang tertuang ke dalam tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah serta memperluas wawasan kita dengan membiarkan anak didik kita berkreasi ria.

Louis Frederick Rakotoarison [Fredy]
Curriculum Consultant

0 comments

Post a Comment