Powered by Blogger.

Saturday 14 February 2015

Kreatif Dan Sederhana

KREATIF DAN  SEDERHANA

Dapatkah kita membuat pelajaran sangat sederhana, menarik dan berkesan bagi siswa?
Contoh sederhana yang akan kita bahas adalah pembelajaran animasi sederhana untuk kelas 2 SD.
Pasti kita sudah kaget mendengarkan bahwa anak kelas 2 SD akan mampu melaksanakan tugas ini.
Sangat mungkin dan hampir semua anak dapat memahami. Pada pelajaran khususnya di bidang ICT anak-anak kelas SD dari kelas 1 s/d 3 adalah berbasis gambar atau grafik dengan mewarnai drag and drop, kelincahan menggunakan sang “tikus” sakti atau “mouse” dalam bahasa inggris. Pengenalan perintah “save”, “save as” adalah langkah berikutnya. Menyimpan hasil kerja adalah hal yang akan dapat menyulitkan dan perlu usaha sedikit karena tidak jarang yang menggunakan sistem network dengan server atau workgroup. Untuk itu harus jelas disimpan dimana file hasil atau yang masih dikerjakan, di folder mereka di computer server atau di computer local yang sedang mereka gunakan.

Untuk itu mari kita langsung ke intinya. Anak-anak pastinya sudah diperkenalkan dengan bangun datar atau bidang datar di kelasnya masing-masing jadi memudahkan kita untuk menjelaskannya di pelajaran komputer.

Kalau begitu, apa yang dapat dihubungkan dalam pembelajaran ICT atau komputer?
Kami sedang gencar-gencarnya memacu guru-guru di tempat saya untuk menggunakan “Embedding ICT Across the Curriculum”. Ingat daya pikir anak-anak dan kelincahan dalam menggunakan mouse bisa berbeda satu sama lain dalam hal ini jadi siswa lebih baik tidak direkomendasikan ikut keinginan kita untuk menggambar sesuatu yang kita guru inginkan; biarkan mereka berkreasi sebebas-bebasnya berimajinasi dengan warna dan bentuk yang mereka inginkan.

Lalu tugas kita apa?

Kita memberikan pembelajaran tentang bagaimana membuat garis lurus, vertikal, miring serta bulat karena semua gambar bisa didapat dari kombinasi bentuk atau shape tersebut. Miisalnya:  kombinasi segiempat berasal dari garis lurus, vertikal. Jika segi empat tersebut dikombinasikan lagi dengan garis miring dapat menghasilkan gambar rumah dan gambar-gambar lainnya. Demikian pula dengan kombinasi bentuk bulat, garis lurus, vertikal, miring dapat menghasilkan gambar mobil dan lain sebagainya. Kalau kita kembali ke pembuatan animasi seperti saya katakan di atas sangat mungkin bukan untuk mengajarkan animasi pada anak kelas 2 SD?

Anda sudah mulai mengerti mungkin bagaimana itu mungkin dilaksanakan.
Dengan mengetik namanya sendiri dengan perangkat lunak pembuat gambar semisal “Paint.net”, sangat sederhana dan gratis pula lalu mewarnai setiap hurufnya dan menyimpannya dengan nama “file” berbeda pakai saja angka 1.gif, 2.gif, dst yang cocok dengan animasi. Gunakan pula perangkat sederhana dan gratis “unfreez” yang hanya mengandalkan “drag and drop” dan tentu saja produk dari semua itu simpan dengan hasilakhir.gif misalnya.

Setelah animasi tersebut dijalankan anda dan murid anda akan bangga dengan hasilnya. Selamat berkreasi dan kreatif rekan-rekan guru untuk membuat suasana menyenangkan di setiap kelas anda.

Louis Frederick Rakotoarison [Fredy]
Curriculum Consultant

0 comments

Post a Comment